Senin, 05 Oktober 2015

Beberapa Tips Meninggikan Badan

Perlu dipahami pertumbuhan tinggi badan tidak bisa didapat secara Instan jika ingin memperoleh perumbuhan yang maksimal maka kita harus memperhatikan faktor - faktor yang mempengaruhinya. Rata-rata atau secara umum pertumbuhan tinggi badan dari beberapa literatur akan mulai berakhir memasuki usia 16 - 21 tahun tetapi ada juga yang mengatakan berhenti pada usia 28 tahun.

Agar kita dapat memperoleh tinggi badan yang maksimal maka perlu diperhatikan sbb: 

1. Faktor orang tua. Pilih orang tua yang tinggi karena faktor keturunan berpengaruh terhadap tinggi badan kita tetapi karena kita tidak bisa memeilih orang tua maka kita syukuri takdir kita saja agar menjadi berkah. Tetapi jangan khawatir faktor keturunan bukan segalanya mari kita perhatikan faktor lainnya.


2. Faktor Gizi. Ini sangat penting mulai dari janin dari kandungan sampai lahir serta sampai saat ini zat gizi mutlak dipenuhi agar tinggi badan bisa maksimal:Energi Vitamin dan mineral harus tercukupi. Memang ada beberapa zat giz yang dianggap berpengaruh langsung yang tentunya harus dicukupi yaitu: Energi, Protein, Kalsium, Seng, Yodium, Zat Besi Vitamin A dan D Sehingga dipasaran saat ini banyak dijual suplemen peninggi badan isinya Kalsium dan Zink atau seng.



3. Faktor TIDUR. faktor ini sering diabaikan bagi yang sedang ingin meninggikan tinggi badan. Tidur berkualitas sangat penting dalam memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan. Sebab hormon pertumbuhan bekerja ”penuh” sewaktu tidur. Semakin berkualitas tidur seseorang, maka hormon pertumbuhan semakin bekerja optimal. Dan itu artinya akan menghasilkan pertambahan tinggi badan secara optimal pula. Coba mengukur tinggi badan pada pagi hari tepat setelah bangun tidur. Mungkin akan kaget. Sebab meskipun telah dewasa (tidak lagi dalam masa pertumbuhan), namun tinggi badan akan bertambah sewaktu bangun tidur (biasanya 1-2 cm). Ini disebabkan oleh karena adanya pertambahan panjang tulang rawan pada punggung dan kaki. Namun pertambahan ini bersifat sementara saja. Pada sore hari tinggi badan kembali seperti semula oleh karena berbagai aktifitas yang anda lakukan dan oleh karena gaya gravitasi bumi. Oleh karena itu, dalam melaksanakan program peninggi badan alami ini, nantinya kualitas tidur harus ditingkatkan untuk meraih hasil yang optimal. Tidur yang sangat menunjang bagi pertumbuhan badan adalah tidur lelap (deep sleep) selama kurang lebih 7-8 jam tanpa terputus-putus, tanpa perasaan gelisah. (www.journalsleep.org, 2001 ) 



4. Faktor OLAHRAGA. Olahraga teratur dapat memacu produksi hormon pertumbuhan oleh tubuh sehingga dapat menambah tinggi badan secara signifikan. Gerakan-gerakan dalam renang dan basket juga secara langsung merangsang tulang kaki dan punggung untuk bertambah panjang. Dengan demikian, dapat diprediksikan bahwa seseorang yang memiliki orang tua yang tinggi, dan mendapatkan asupan gizi yang baik selama masa pertumbuhan, serta mempunyai kebiasaan tidur yang baik dan berolahraga teratur cenderung tinggi.(Sports Md, 2009). olah raga yang dianjurkan Renang, Basket, Bersepeda, lompat tali, bermain voley juga Vertical Hanging, Cobra Strech, Pilates Roll Over,Forward Spine Stretch dan Angkle Weights.



5. FAKTOR HORMON. Jika ingin Tinggi Badan Maksimal Pacu Hormon pertumbuhan kita. Caranya adalah Jika seseorang masih berada pada masa pertumbuhan (kurang dari 20 tahun), maka rutinitas berikut ini dapat dilakukan untuk mengoptimalkan tinggi badan anda. Rutinitas berikut ini dapat merangsang kelenjar pituitari untuk untuk mengeluarkan hormon pertumbuhan lebih banyak sehingga tinggi badan dapat optimal. Semua rutinitas seperti stretching, kicking, bicking, swimming dan basket/voli dikategorikan sebagai Exercises Induced Growth Hormone (EIGH) (The Viginia Academy of Sleep Medicine). Latihan Yang Merangsang Hormon Pertumbuhan: Stretching, kicking, biking, swimming, basket/volley (Sports America, 2005)


Sekian tips Kali ini lakukan lah semua itu dengan ikhlas karna dan percaya semua itu ada hikmahnya. trimah kasih :)


0 komentar:

Posting Komentar